No icon

Pemprov Jabar Imbau Disperindag Memerhatikan Pembinaan UMKM

BANDUNG, PIKIRANJABAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Iwa Karniwa mengimbau Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk lebih memerhatikan pembinaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di masyarakat, seperti pelatihan dan pengetahuan mengelola usaha. Terlebih, Kota Bandung menjadi salah satu kota digelarnya The Big Start Indonesia musim ke-4. Kegiatan ini tentu bisa dimanfaatkan untuk mencari pengusaha kreatif muda terbaik Indonesia.

Sekda mengungkapkan, Jabar telah menjalin kerja sama antara UMKM Jabar dan Blibli.com untuk membantu perekonomian daerah. "Terutama di Jawa Barat, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,64 persen. Bisa dikatakan lebih baik dibandingkan kota-kota lain," ujarnya saat membuka acara "The Big Start Indonesia Season 4" di Halaman Gedung Sate, Jalan, Diponegoro No.22, Bandung, Jumat (12/7/2019).

"Pertumbuhan ekonomi itu bisa dilihat dari menurunnya jumlah angka kemiskinan, kesenjangan, dan pengangguran di daerah. Kemudian, didukung pembangunan infrastuktur dan daya saing daerah. Oleh karena itu, Jabar bisa menjadi provinsi terbaik di ASEAN," ujarnya.

Program pembinaan UMKM, lanjut Iwa, bisa membawa Jabar maju. Untuk itu, pemerintah mencoba membantu dari sisi produksi dan pemberian sertifikat halal.

"Terkadang di negeri kita ini hasil produk sudah ada, tetapi tidak tahu harus dipasarkan ke mana dan kepada siapa. Melalui kegiatan ini, pelaku UMKM bisa mendapatkan ilmu, mulai dari cara pengemasan hingga pemasaran. Apabila langkah ini berhasil, tentu akan memberikan dampak positif dan bisa menurunkan angka kemiskinan di Indonesia," tuturnya. (Ris)

Comment As:

Comment (0)