No icon

Disdik Jabar Launching Pinjamkan Gadget & Kuota Internet Gratis

BANDUNG, PIKIRANJABAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) bertempat di SMA 9 Jl Suparmin No.1, Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung launching gerakan pinjamkan atau pinjam pakai gadget kepada siswa Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM).

“Jumlah gadget yang akan dipinjamkan kepada siswa KETM, 38.323 unit gadget atau gawai,” kata Kadisdik Jabar Dedi Supandi, Senin (31/8/2020).

Dedi menjelaskan, 38.323 unit gadget atau gawai tersebut akan dipinjamkan kepada siswa KETM yang kesulitan mengikuti pendidikan jarak jauk (PJJ).

“38.323 unit gadget tersebut untuk siswa siswi SMA SMK se Jawa Barat,” jelasnya.

Dijelaskan Kadisdik Jabar, pinjam-pakai gadget ini sebetulnya bukan program baru sebab pada tahun sebelumnya (2019) kegiatannya sudah dirintis oleh Kantor Cabang Daerah (KCD) VII (Kota Bandung-Kota Cimahi).

“Sudah dimulai tahun 2019 lalu, saat dipelopori KCD VII saat Kadisdik Jabar masih dijabat ibu Dewi Sartika,” ungkapnya.

Yang dapat pinjaman gadget tahun itu ada 12 sekolah, jumlah yang dipinjamkan 3.809 unit.

“Saat ini jumlahnya bertambah, agar bisa menjangkau seluruh Jawa Barat atau 13 KCD yang ada di Jawa Barat,” terangnya.

Anggaran membeli gadget atau gawai yang akan pinjamkan kepada siswa KETM berasal dari BOS Kinerja.

Kuota Internet Gratis

Selain meminjamkan 38.323 unit gadget kepada siswa KETM, Disdik Jabar juga membagikan kuota internet gratis masih untuk siswa yang kesulitan mengikuti pendidikan jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR)

Kadisdik Jabar Dedi Supandi menerangkan tidak terasa tahun ajaran baru sudah berlangsung selama dua bulan, dan selama itu pula muncul keluhan siswa kesulitan mengikuti PJJ atau BDR.

Agar generasi muda yang akan menjadi cikal bakal pimpinan bangsa bisa mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa terbebani kuota internet saat harus melakukan PJJ atau BDR. Maka muncul niatan untuk memberikan kuota internet gratis bagi siswa KETM.

Nilai kuota internet gratis tersebut Rp150 ribu per bulan. Sumber anggarannya dari BOPD Provinsi Jawa Barat.

“Jadi nanti setelah BOPD selesai, dari pusat ada. Itu nanti dilanjutkan yang dari pusat, karena dari pusat rencananya empat bulan, sampai dengan desember, jadi dar september, oktober, november dan desember” terangnya.

Yang tidak kalah menyenangkan, terang Kadisdik Jabar Rabu 2 September 2020 juga akan di launching 10 gb chip gratis untuk 1,2 juta siswa KETM.

“Program ini datangnya dari provider,” tutupnya.

Kepala Sekolah SMA 9 Kota Bandung Suparman mengatakan bantuan kuota internet gratis senilai Rp150 ribu per siswa diperuntukkan untuk 150 siswa dari KETM.

“Kuota internet itu akan dibayarkan selama enam bulan, ada juga bantuan dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) empat bulan. Ke depan juga akan diberikan kuota internet bagi siswa dan guru,” pungkasnya. (gina)
 

Comment As:

Comment (0)