No icon

Lembaga Survei Ini Tegaskan, Asyik Unggul Tipis atas Rindu

BANDUNG, PIKIRANJABAR - Tim Pemenangan Internal Partai Gerindra untuk Pilgub Jabar, Rizaldy Danar Priambodo mengatakan tidak hanya lembaga survei yang melakukan quick count Pilgub Jabar 2018, peserta Pilgub juga melakukannya, dan hasilnya pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menang. 

BACA--Gerindra : Pilgub Jawa Barat Belum Selesai, Rindu Belum Menang

"Kami sudah melalui proses yang membuat, kami tidak percaya hasil quick count lembaga survei yang telah menjadikan pasangan Rindu sebagai pemenang Pilgub Jabar 2018," kata Rizaldy, saat konferensi pers di Kantor DPD Gerindra Jabar, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Kamis (28/6).

Dijelaskan Rizaldy, sesuai hasil survei yang dilakukan kalangan internal partai pendukung, pasangan nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) adalah pemenang Pilgub Jabar 2018, selisihnya memang sangat tipis.

"Patut digaris bawahi, kita unggul di quick count kita. Tapi keunggulan sangat tipis," tegas Rizaldy.

Tim survei internal pasangan Asyik tersebut bukanlah tim survei abal-abal, tim survei profesional yang hasil-hasil kerjanya sudah teruji saat berlangsung Pilgub DKI Jakarta 2017, lalu.

Tim quick count dibagi menjadi dua tim. Tim pertama mengambil sampel 1.200 TPS, sementara tim kedua 600 TPS. 

Tim pertama, Asyik memperoleh 30,69 persen, sementara Rindu 30,44 persen. Hasil di tim kedua juga sama, pasangan Asyik memperoleh 31,72 persen, Rindu 30,6 persen.

"Perbedaannya tipis dan masih di bawah margin of error. Sehingga kami memutuskan bahwa hasil yang diperoleh oleh tim kami lebih terpercaya dibanding lembaga-lembaga survei lainnya," tutur Rizaldy.

Ketua DPD Gerindra Jabar Mulyadi menambahkan kontek uji keabsahan itu nanti akan terklarifikasi sendirinya dengan hasil keputusan Pleno KPU, siapa sebenarnya yang paling valid.

"Tim yang kami pergunakan adalah tim yang sama saat melakukan survei quick count di DKI, tim inilah yang menyatakan pasangan pak Anis pak Sandi menang. Tetapi lembaga-lembaga survei yang konon memiliki kredibilitas tinggi menyatakan pasangan lawannya pak Anies yang menang, kenyataannya tim kami yang bisa membuktikan bahwa pak Anis dan pak Sandi yang menang," pungkasnya. (mad)

Comment As:

Comment (0)