No icon

Empat Artis Ikut Pilkada Serentak Jawa Barat, Bagaimana Peruntungan Mereka?

BANDUNG, PIKIRANJABAR - Hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018 telah berlalu, tidak terkecuali di Jawa Barat --tempat dimana empat orang artis ternama Ibukota, ikut serta sebagai kontestan Pilgub, Pilwali maupun Pilbup, terpilihkan mereka ?

Empat artis ternama yang maju untuk meraih kursi nomor satu dan nomor dua di ajang Pemilukada Serentak 2018 itu adalah Deddy Mizwar, Nurul Arifin, Hengky Kurniawan dan Inggrit Kansil.

Deddy Mizwar

Deddy Mizwar untuk Calon Gubernur Jawa Barat, dia maju menjadi Cagub karena pada periode sebelumnya 2013-2018 telah menjadi Wakil Gubernur mendampingi Ahmad Heryawan.

Artis yang telah menjadi kader Partai Demokrat ini maju sebagai Cagub dengan didampingi Dedi Mulyadi, politikus tulen dari Partai Golkar.

Pasangan Deddy-Dedi ini sangat disukai warga Jawa Barat, tak heran bila lembaga survei selalu menyatakan elektabilitas keduanya tinggi, pesaing ketatnya hanya pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum.

Walau KPU Jawa Barat secara resmi belum mengumumkan siapa pemenang Pilgub Jabar 2018, tetapi lewat quick count beberapa lembaga survei pasangan Deddy-Dedi dinyatakan kalah.

Nurul Arifin

Nurul Arifin maju di ajang Pemilihan Walikota Bandung, artis yang tenar sebagai artis pendampingi di film-film Warkop DKI ikut konstelasi Pilwali dengan didampingi Chairul Yaqin Hidayat.

Perbedaan pasangan Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat ini dengan pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi adalah, pendampingi Nurul bukan politikus tulen. Rully --panggilan Chairul Yaqin Hidayat adalah bisnismen, dan juga berasall dari garis keturunan pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto

Pasangan yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat ini nekat ikut konstelasi karena Nurul lah yang telah lebih dahulu matang sebagai politikus. Saat maju menjadi Calon Walikota Nurul adalah wasekjen DPP Partai Golkar.

Tidak hanya itu, Nurul juga pernah menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar. Jabatan itu disandangnya selama dua periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Segudang pengalamannya di kancang politik itu, ternyata belum membuat Nurul beruntung, dia kalah telak. Pemenang Pilwalkot Bandung Oded M Danial-Yana Mulyana.

Hengky Kurniawan

Karier ke artisannya memang tidak terlihat kilaunya, walau berdasarkan catatan wikipedia banyak film dan sinetron yang telah diperaninya.  Film Buruan Cium Gue --2004, dan Sinetron ABG --2002.

Yang tenar dari artis kelahiran 1982 ini justru berita-berita gosip seputar dirinya, sampai akhirnya memutuskan menikahi dengan Christy Jusung pada tahun 2008, cerai dan kembali menikah tahun 2015 dengan Sonya Fatmala, wanita yang 11 tahun lebih muda darinya.

Hengky maju menjadi calon Wakil Bupati di Bandung Barat untuk mendampingi Aa Umbara Sutirna, yang maju sebagai calon bupati.

Tampaknya keberuntungan berpihak kepada sarjana ilmu politik ini, quick count beberapa lembaga survei telah menyatakan pasangan Aa Umbara dan Hengky Kurniawan unggul.

Sebelum maju sebagai calon wakil bupati Bandung Barat, Hengky pernah ikut berlaga di ajang Pileg, gagal, ikut Pilbup di kota kelahirannya, Blitar, gagal.

Selain itu, namanya juga pernah masuk bursa Pilbup Kediri, mundur karena saat itu PAN --partai politik yang menaunginya tampaknya belum siap untuk mengusungnya.

Inggrid Kansil

Artis kelahiran 9 Nov 1976 ini maju menjadi calon wakil Bupati Kabupaten Bogor berpasangan dengan Ade Ruhendi alias Jaro Ade.

Saat ini, belum ada kabar pasti apakah istri dari Syarif Hasan ini menang dalam konstelasi tersebut, kabar terakhir Ade-Inggrid saling klaim kemenangan dengan pesaing utamanya, pasangan Ade Munawaroh Yasin-Iwan Setiawan.

Kemenangan baru akan diketahui beberapa hari mendatang, tepatnya setelah penyelenggara pemilu menyelesaikan pleno penghitungan suara. (Ris)

Comment As:

Comment (0)