Pikiran Jabar, Jujur Bicara Jawa Barat
Moeldoko Bertandang ke Rudin Gubernur Jabar, Tak Terlepas dari Pesan Presiden
Thursday, 03 Dec 2020 13:00 pm
Pikiran Jabar, Jujur Bicara Jawa Barat

Pikiran Jabar, Jujur Bicara Jawa Barat

BANDUNG, PIKIRANJABAR - Kepala Staf Kepresiden RI Moeldoko bertandang ke rumah dinas (Rudin) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (4/12/2020). Kedatangannya tak terlepas dari pesan Presiden Jokowi yang menekankan agar kepala daerah lebih kencang menangani COVID-19.

"Ada satu penekanan dari presiden kepada kepala daerah untuk pengendalian COVID-19, agar semakin kencang. Kemarin ada peningkatan yang cukup (tinggi), presiden memberikan penekanan itu, saya yakin gubernur menjalankan dengan baik," ucap mantan Panglima TNI itu.

Pada Kamis (3/12) terjadi penambahan kasus baru COVID-19 yang signifikan di Indonesia. Di Jabar sendiri terdapat penambahan 1.648 kasus baru, sementara angka harian COVID-19 nasional mencatatkan 8.369 kasus.

Di samping itu, Moeldoko dan Ridwan Kamil juga membahas mengenai penanganan COVID-19 di Jawa Barat, termasuk soal mekanisme vaksinasi COVID-19 kepada warga.

"Beberapa catatan yang tadi saya dapatkan lama vaksinasi itu kurang lebih 45 menit, setelah disuntik harus menunggu 30 menit. Berikutnya kondisi puskesmas yang masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda dan berbagai hal yang membatasi," ujar Moeldoko.

Sebab itu, ujar Moeldoko, alur pemberian vaksinasi perlu dirancang sematang mungkin agar tak terjadi penumpukan massa. Sekadar diketahui, COVID-19 merupakan ancaman nyata yang berpotensi menular dalam kerumunan.

"Apakah pertanyaannya harus di puskesmas atau mencari gedung yang memadai, sehingga tidak terjadi penumpukan massa karena menunggu 30 menit atau ada cara baru, yang 30 menit tadi masuk, bisa kembali dulu ke rumahnya. Kalau terjadi sesuatu melaporkan, ini hal-hal baru yang tadi jadi catatan ke depan," ujar Moeldoko.

Terkait sosialisasi vaksin COVID-19, sambungnya, pihaknya telah berkonsultasi dengan Aa Gym, terkait pentingnya tokoh agama untuk terlibat dalam vaksinasi. "Ini memberikan keyakinan kepada masyarakat tentang vaksin," kata Moeldoko.